Juni 19, 2021

Wahana Baca

Menyajikan Informasi terupdate teraktual, tips trik dan kesehatan

6 Manfaat Tomat, Buah yang Sering Disangka Sayur

3 min read

 

Selama ini banyak yang mengira jika tomat adalah salah satu jenis sayuran. Padahal tomat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki manfaat yang cukup besar. Tidak hanya bisa dimakan siaran langsung, tomat juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis kuliner yang enak.

Selama ini tomat memang selalu identik dengan bumbu masakan. Itulah kenapa tomat jarang sekali dikonsumsi dalam jumlah banyak. Padahal buah ini mengandung cukup banyak nutrisi yang bisa bermanfaat untuk tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Berbagai Manfaat Buah Tomat

Sebagai buah ataupun sayuran, tomat memiliki manfaat yang cukup banyak. Jika Anda belum tahu apa saja manfaat dari tomat, simak selengkapnya di bawah ini.

1.     Menurunkan Risiko Kanker

Dari sebuah penelitian yang dirilis pada jurnal tahun 2016, mengonsumsi tomat secara rutin mampu menurunkan risiko terjadinya kanker prostat pada pria. Selain itu, kandungan vitamin C serta likopen yang ada pada tomat mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Berbagai radikal yang masuk ke dalam tubuh dan berpotensi memicu kanker akan dilawan sehingga sel tubuh terlindungi.

2.     Menjaga Kesehatan Jantung

Ada 2 kandungan dari tomat yang sangat bermanfaat untuk melindungi kesehatan dari jantung. Kandungan itu adalah likopen dan betakaroten yang menyebabkan warna dari buah ini kemerah-merahan.

Selain memberikan warna ternyata jual antioksidan itu mampu melindungi kesehatan dari jantung karena menekan radikal bebas. Organ ini akan menjadi lebih sehat termasuk seluruh pembuluh darah yang menuju ke arahnya.

3.     Melancarkan Sistem Pencernaan

Tomat mengandung cukup banyak serat yang baik untuk pencernaan. Serat tersebut mampu memperlancar proses pencernaan serta menghindari adanya sembelit.

Rutin mengonsumsi tomat akan membuat pencernaan tidak akan mengalami gangguan sama sekali. Bahkan, risiko terjadi luka akibat sembelit serta kembung akan menurun seiring dengan berjalannya waktu.

4.     Menjaga Kesehatan Mata

Antioksidan yang terkandung pada tomat lagi-lagi mampu mencegah terjadinya masalah pada organ. Pada mata, antioksidan mampu menurunkan risiko terjadinya masalah seperti katarak yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kebutaan.

Selain itu Tomat juga mengandung vitamin A yang bisa membuat mata menjadi lebih sehat. Berbagai masalah seperti rabun bisa diturunkan resikonya.

5.     Mengatasi Gejala Diabetes

Baik pada penderita diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2, tomat memiliki manfaat yang cukup besar. Jika tubuh mendapatkan asupan buah ini secara rutin, kadar gula darah didalam tubuh akan mengalami penurunan.

6.     Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit juga bisa dijaga dengan mengonsumsi tomat secara rutin. Kandungan dari tomat yang mampu melakukan ini adalah Vitamin C. Itulah kenapa Anda disarankan untuk mengonsumsi buah secara rutin baik secara langsung atau dimasak.

Selain dikonsumsi secara langsung, rumah juga bisa digunakan sebagai masker luar. Buah ini bisa dihancurkan lalu dicampur dengan minyak zaitun lalu diaplikasikan pada bagian kulit yang terasa kering atau pecah-pecah.

Manfaat  tomat yang banyak membuat buah ini harus dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya dikonsumsi sebagai bahan untuk makanan saja, tapi juga dikonsumsi sebagai buah. Untuk itu, Anda harus bisa memilih jenis tomat yang enak untuk dimakan secara langsung.

Untuk memilih tomat yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa melakukannya secara langsung dari rumah. Cukup gunakan ponsel, lalu gunakan aplikasi Tanihub untuk berbelanja secara online layaknya melakukan hal itu di pasar tradisional.

Barang yang ada di sana sebagian besar berasal dari petani yang ada di kawasan tersebut. Hasil panen sudah diseleksi dengan baik sehingga barang yang nantinya Anda terima akan berkualitas. Jadi, tidak perlu keluar rumah untuk mencukupi seluruh kebutuhan harian masakan Anda.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.